Kamis, April 23, 2009

Gimana cara untuk menghafal Al-Qur''an?

Sebenarnya para ulama banyak sekali memberikan tips, cara, metode atau tahapan yang harus dilalui oleh orang yang akan menghafal Al-Quran, diantaranya adalah :

Pertama : niat ikhlash karena Allah SWT semata, jangan sampai ada niat kita menghafal Al-Quran itu untuk mendapat berbagai kenikmatan dunia yang barang tentu sangat tidak sebanding dengan kenikmatan di akhirat kelak.

Kedua : jangan lupa selalu berdoa kepada Allah SWT agar kita selalu mendapatkan kemudahan dalam menghafal Al-Quran, dan ketika kita berdoa kita harus yakin bahwa doa kita diijabah oleh Allah SWT.

Ketiga : Keshalihan pribadi, keshalihan pribadi dalam mengafal Al-Quran tidak bisa disepelekan, karena dengan keshalihan ini maka Allah SWT akan mengajarkan apa yang kita ingikan, Dia akan memudahkan kita dalam memnghafal Al-Quran.

Imam Syafi’i yang terkenal sebagai ulama yang memiliki kecepatan dalam mengafal pernah dengan tidak sengaja melihat kaki bagian bawah seorang wanita, sehingga membuat hafalannya menjadi buruk dan dia pun segera mengadu kepada guru. Setelah itu sang guru pun memberikan nasihat agar dia meinggalkan maksiat, karena ilmu itu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidak diberikan kepada orang yang selalu bermaksiat.
class="fullpost">
Keempat : dalam menghafal Al-Quran, jangan sampai meninggalkan wirid Al-Quran harian, jadi wirid tilawah Al-Quran harian harus tetap dilakukan, jangan sampai karena kita sibuk menghafal malah justeru meninggalkan wirid tilawah harian kita. Manfaatnya adalah ketika kita sering dan banyak membaca Al-Quran, maka pada saat kita menghafal suatu ayat atau surat Al-Quran, kita akan mendapatkan banyak kemudahan karena sebelumnya kita sudah sering membacanya.

Kelima : kalau ingin hafalan kita bagus dan lacar, maka kita harus memperlakukan surat-surat yang sudah kita hafal seperti orang mengahafal surat Yasin, surat Al-kahfi dan surat-surat lainnya yang sering dibaca orang setiap pekannya atau pada moment-moment tertentu. Seperti halnya juga surat Al-Fatihah mungin saja seandainya kita membaca surat Al-Fatihah ini sambil berlari pun tidak akan salah karena kita setiap hari membacanya minimal 17 kali dalam sehari semalam.

keenam : usahakan kita juga membaca dalam shalat kita, manfaatkan waktu shalat-shalat sunnah seperti shalat malam atau Qiyamullail dan shalat-shalat sunnah lainnya.

Saya sarankan kepada anda untuk membaca-baca kembali jawaban saya pada konsultasi sebelumnya yang sedikit banyak memiliki kaitannya dengan pertanyaan ada ini. Semoga dengan jawaban singkat ini dapat memberikan pencerahan kepada anda khususnya dan para pembaca setia warna Islam pada umumnya untuk lebih termotivasi lagi dalam menghafal Al-Quran, Amin ya Rabbal ‘alamin. Wallahu a’lam bishshawab
http://www.warnaislam.com/konsul/quran/2009/4/4/2700/Gimana_cara_menghafal_Al-Quran.htm

0 komentar:

Posting Komentar

musafir perjuangan.. © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute